Pelatih Guardiola Ukir Sejarah


LONDON (Pos Kota) – Sukses Barcelona meraih berbagai gelar dalam beberapa musim terakhir, tidak terlepas dari peran besar pelatih Josep ‘Pep’ Guardiola. Dalam tiga musim terakhir, Guardiola sudah berhasil membawa pulang 14 trofi ke Camp Nou, termasuk gelar Liga Champions yang mereka bawa usai mengalahkan Manchester United (MU) 3-1 pada partai final di Wembley, Minggu (29/5) dinihari WIB.

Namun lebih dari itu, Guardiola bahkan tercatat telah mengukir berbagai sejarah baru bersama Barcelona baik sebagai pemain maupun pelatih. Berikut berbagai catatan sejarah yang diukir Guardiola bersama Barca:

1. Lebih dari 900 gol berhasil dikemas Lionel Messi di pentas Eropa setelah menyumbang satu gol saat Barca mengalahkan Manchester United (MU) 3-1 di final Liga Champions, Minggu (29/5) dinihari WIB.

2. 99 poin dari 114 poin sempurna dalam satu musim berhasil dibukukan Barcelona pada musim 2009-10.

3. 23 pertandingan tandang tanpa kalah, berhasil dicatat tim Catalan ini dalam waktu dari setahun. Rekor sebelumnya 19 pertandingan berhasil dibukukan oleh Real Madrid di era 1979 dan 1980.

4. 17 final Eropa kini telah dicapai Barc, sekaligus memecahkan rekor sebelumnya, 16 kali final Eropa yang pernah dicatat rival abadinya Real Madrid.

5. 10 piala telah dimenangkan oleh Guardiola selama tiga musim dikemas.
6. 9 dari 11 gelar liga telah dimenangkan oleh Barcelona selama dua dekade terakhir yang melibatkan Guardiola baik sebagai maupun pelatih.

sumber http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/05/29/pelatih-guardiola-ukir-sejarah

2 responses to “Pelatih Guardiola Ukir Sejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s