Inilah Skuad Barcelona Yang Juara Primera Liga Spanyol 2010/11


Barcelona menjuarai La Liga untuk ketiga kalinya beruntun sekaligus titel ke-21 dalam sejarah klub. GOAL.com mengenang kiprah semua pemain Blaugrana sepanjang musim ini.

Oleh Agung Harsya

13 Mei 2011 14:17:00

Liga BBVA: Barcelona

Liga BBVA: Barcelona

Tidak banyak yang meragukan Barcelona akan kembali merebut gelar juara Primera Liga Spanyol musim ini. Kekalahan kandang mengejutkan dari Hercules di awal musim tidak membuat Barcelona kehilangan langkah untuk terus menguntit Real Madrid di puncak klasemen sampai akhirnya Azulgrana memenangkan El Clasico 5-0, November. Sejak saat itu pula, Barcelona tak pernah melepaskan tampuk klasemen ke tim lain.

Lionel Messi menjadi bintang tim, tetapi dia didukung sejumlah pemain berkualitas. Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Carles Puyol, Dani Alves, Pedro Rodriguez, dan David Villa memberikan sumbangan berharga bagi Barcelona. Mereka pun dianggap tim terbaik yang pernah ada. Untuk mewujudkan harapan publik, Barcelona harus sukses di Spanyol dan Eropa. Kini langkah pertama sudah tercapai dan tinggal final Liga Champions akhir bulan ini yang harus digapai pasukan Pep Guardiola.

Inilah anggota skuad sang juara, Barcelona:

PENJAGA GAWANG
VICTOR VALDES

Jumlah Penampilan: 30

Jumlah Clean Sheet: 16

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.53

Valdes mungkin jarang bekerja keras di bawah gawangnya, tapi perannya kerap diabaikan. Valdes merupakan penghenti tembakan yang istimewa, mampu memimpin di wilayahnya, dan salah satu yang terbaik di liga karena pandai memanfaatkan kaki ketika bermain sehingga terkadang berperan sebagai sweeper ketika tim menyerang. Tampil solid, Valdes kerap berperan dalam kemenangan tim seperti saat mencegah Nilmar mencetak gol sehingga Villarreal dikalahkan 1-0. Dalam 30 penampilannya, Valdes hanya kebobolan 15 gol.

Pemain Lainnya: Jose Manuel Pinto
Jumlah Penampilan: 5, Jumlah Clean Sheet: 2, Rata-Rata: 6.30
LINI BELAKANG
DANI ALVES

Jumlah Penampilan: 32

Jumlah Gol: 2

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.77

Alves menjalani musim dengan baik dan seiring dengan menurunnya Maicon, kini dialah bek kanan terbaik dunia. Aksi Alves menyisir pinggir lapangan memberikan sentuhan lain dalam skema serangan Barcelona. Alves banyak terlibat dalam gol-gol timnya musim ini. Dia hanya mencetaj dua gol, tetapi gol tendangan setengah voli ke gawang Getafe merupakan salah satu gol terbaik musim ini.

GERARD PIQUE

Jumlah Penampilan: 30

Jumlah Gol: 3

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.28

Performa Pique dipertanyakan di awal musim karena gosip hubungan asmara dengan Shakira serta aktivitas luar lapangan lain. Tapi, bek 24 tahun ini mampu tampil stabil meski dimainkan dengan duet yang berbeda-beda seiring cedera yang menimpa Carles Puyol. Pique pula yang mencetak gol penting ke gawang Villarreal dan membantu Barcelona merengkuh gelar juara.

CARLES PUYOL

Jumlah Penampilan: 17

Jumlah Gol: 1

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.65

Terkadang ada pemain yang baru dirasakan perannya ketika dia tidak bermain. Begitu pula halnya dengan Puyol. Kerap absen musim ini, Barcelona terlihat seperti bukan tim yang sama. Pasukan Guardiola seperti kesulitan dalam partai-partai besar tanpa diperkuat kaptennya yang inspirasional. Fakta menunjukkan, kekalahan yang diderita Barcelona terjadi ketika Puyol absen.

ERIC ABIDAL

Jumlah Penampilan: 23

Jumlah Gol: 0

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.30

Abidal menjadi warna tim di akhir musim setelah secara menakjubkan mampu bermain lagi meski baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor hati. Bek kiri asal Prancis ini juga sering dimainkan di sentral pertahanan menggantikan peran Puyol. Hanya dua bulan waktu yang dihabiskannya di meja perawatan sebelum kembali bersama tim dan turut merayakan gelar juara liga.

MAXWELL

Jumlah Penampilan: 23

Jumlah Gol: 0

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.24

krisis cedera yang dialami di lini belakang memberikan Maxwell banyak kesempatan bermain. Meski tak terbilang spektakuler, kemampuan Maxwell turut membantu penampilan tim. Dia salah satu pemain yang tampil konsisten untuk Barcelona musim ini.

ADRIANO

Jumlah Penampilan: 14

Jumlah Gol: 0

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.27

Banyak yang meragukan langkah Barcelona merekrut Adriano, tapi eks pemain Sevilla ini bisa menjadi pemain pelapis yang bermanfaat bagi Guardiola. Adriano hanya tampil 14 kali di liga, tapi 16 penampilan lagi diukirnya di Liga Champions dan Copa del Rey dengan lebih sering dimainkan sebagai bek kiri. Penampilannya pun mulai diakui publik Camp Nou.

GABI MILITO

Jumlah Penampilan: 10

Jumlah Gol: 0

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 5.55

Harus diakui, Milito bukan pemain yang sama seperti didatangkan Barcelona. Satu setengah tahun waktu pemulihan cedera dirasa terlalu lama sehingga seperti menghilangkan performa terbaiknya. Padahal, pada musim pertamanya Milito adalah pilihan pertama bek selain Puyol atau Rafa Marquez.

Pemain Lainnya: Andreu Fontas
Jumlah Penampilan: 3, Jumlah Gol: 0, Rata-Rata: 6.33
Martin Montoya
Jumlah Penampilan: 2, Jumlah Gol: 0, Rata-Rata: 4.75
LINI TENGAH
XAVI

Jumlah Penampilan: 30

Jumlah Gol: 3

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 7.09

Xavi memulai musim dengan masalah cedera hingga Guardiola mengungkapkan kerisauannya. Tapi, beruntung sang pengatur serangan segera kembali bersama tim dan memberikan penampilan terbaik. Musim ini menjadi musim yang baik bagi Xavi, yang sudah menginjak usia 31 tahun. Meski ada ketakutan di awal musim, Xavi tampil 30 kali di liga dan mencetak tiga gol sepanjang penampilannya.

ANDRES INIESTA

Jumlah Penampilan: 34

Jumlah Gol: 8

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 7.09

Iniesta mengawali musim dengan performa positif menyusul gol kemenangannya di final Piala Dunia. Gelandang yang juga bisa ditempatkan sebagai sayap kiri ini jarang tampil mengecewakan. Delapan gol dicetaknya dalam 34 penampilan.

SERGIO BUSQUETS

Jumlah Penampilan: 27

Jumlah Gol: 1

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.60

Peran Busquets mungkin menciptakan rasa iri bagi gelandang Barcelona lain. Busquets menjadi pilihan utama sebagai pendamping Xavi dan Iniesta di lini tengah tim. Pandai memainkan bola, meski terkadang sandiwaranya tidak disukai semua orang. Apapun, Busquets memegang peran kunci dalam tim dan sangat populer di kalangan fans.

JAVIER MASCHERANO

Jumlah Penampilan: 24

Jumlah Gol: 0

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.07

Mascherano muncul sebagai pengganti Yaya Toure yang dilepas di awal musim. Debut gelandang Argentina ini ditandai ketika kalah 2-0 dari Hercules di kandang sendiri dan langsung menjadi kambing hitam fans serta media Katalan. Tetapi, kritik itu seakan sirna menyaksikan penampilan Mascherano belakangan ini, baik di lini tengah maupun sentral pertahanan.

SEYDOU KEITA

Jumlah Penampilan: 33

Jumlah Gol: 2

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 5.87

Keita lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti musim ini, tetapi dapat mengisi posisi lini tengah dengan baik. Terkadang Guardiola dibuat frustrasi dengan ketidakdisiplinannya menjalankan taktik. Namun, kerja keras Keita kerap menghasilkan gol yang dibutuhkan Barcelona seperti ketika menang 1-0 atas Real Zaragoza.

THIAGO ALCANTARA

Jumlah Penampilan: 11

Jumlah Gol: 2

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.09

Hanya tampil satu kali dalam dua musim terakhir, kali ini Thiago mendapat kepercayaan lebih dengan bermain 11 kali sejauh ini, kebanyakan sebagai pemain pengganti dan mencetak dua gol. Fans Barcelona pun menganggapnya sebagai pemain bermasa depan cerah bagi Barcelona.

Pemain Lainnya: Jonathan dos Santos
Jumlah Penampilan: 1, Jumlah Gol: 0, Rata-Rata: 4.00
LINI DEPAN
LIONEL MESSI

Jumlah Penampilan: 32

Jumlah Gol: 31

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 7.50

Tidak banyak yang tidak lagi diketahui soal Messi. Dia pemain bintang yang dibutuhkan setiap tim besar dan dari sekian bintang yang pernah membela Barcelona, Leo terdepan. Messi tampil mematikan musim ini dan memborong 31 gol serta menciptakan sejumlah assist.

DAVID VILLA

Jumlah Penampilan: 33

Jumlah Gol: 18

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.88

Villa didatangkan dari Valencia di awal musim dan mencetak gol pada penampilan debut ketika Barcelona mengalahkan Racing Santander 3-0. Memang butuh waktu bagi Villa merebut hati fans Barcelona, tapi setidaknya dia mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya. Meski sekarang muncul tantangan lagi karena Villa hanya mencetak satu gol dalam sepuluh penampilan terakhir.

PEDRO

Jumlah Penampilan: 31

Jumlah Gol: 13

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 6.75

Pedro seemingly came out of nowhere to star in Barca’s first team and then found himself starting in a World Cup final, but the Tenerife-born forward has worked his way to the top after playing for Guardiola in Spain’s third division fro Barca B just three years ago. Goals have been harder to come by of late, but 13 in 31 is still a decent return and Pedro is likely to get better and better.

BOJAN KRKIC

Jumlah Penampilan: 24

Jumlah Gol: 5

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 5.76

Bojan seperti tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup dan jumlah golnya musim ini merupakan yang paling sedikit sejak bergabung ke tim senior selama empat musim. Kepindahan ke klub lain barangkali dapat mengembalikan ketajamannya, tapi sangat disayangkan mengingat figur Bojan kadung dicintai publik Barcelona. Jika tim mendatangkan striker baru, bisa jadi Bojan kian tenggelam di bangku cadangan.

JEFFREN SUAREZ

Jumlah Penampilan: 6

Jumlah Gol: 1

Rapor Rata-Rata GOAL.com: 5.60

Jeffren tidak banyak tampil musim ini, tapi pemain kelahiran Venezuela ini akan dikenang berkat satu golnya ke gawang Madrid. Di samping masalah cedera yang kerap dialaminya, Jeffren pantas mendapat peran lebih banyak musim mendatang.

Pemain Lainnya: Ibrahim Afellay
Jumlah Penampilan: 13, Jumlah Gol: 0, Rata-Rata: 5.18
Nolito
Jumlah Penampilan: 2, Jumlah Gol: 0, Rata-Rata: 5.50

sumber http://www.goal.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s